Contoh Pidato Bahasa Indonesia


Yang terhormat Ibu Dra. Nellyati selaku guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 14 Bandarlampung.
Dan rekan-rekan yang saya sayangi.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Pertama-tama marilah kita haturkan puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat-Nya lah kita dapat berkumpul di ruangan ini.

Teman-teman dan guru yang saya hormati.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kenakalan dikalangan remaja dewasa ini.

Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas yang wajar. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkuri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita.
Teman-teman yang saya cintai dan ibu guru yang saya hormati.
Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja, sebagai contoh :
- kurangnya kasih sayang orang tua.
- kurangnya pengawasan dari orang tua.
- pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
- peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
- tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
- dasar-dasar agama yang kurang
- tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya
- kebebasan yang berlebihan
- masalah yang dipendam

Ada beberapa cara yang mungkin bisa jadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan dikalangan remaja, Khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya:
- Perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan diri kita sendiri.
- Mentaati nasehat - nasehat yang telah kita terima khususnya dari orang tua kita atau dari orang  lain (guru, orang yang lebih berpengalaman atau teman-teman kita).
- Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan dan hukum dianggap salah.
- Mempunyai konsep hidup yang benar.
- Menyusun rencana masa depan dengan untuk kehidupan dan masa depan yang baik.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan hari ini, semoga dapat bermanfaat, dan saya juga meminta maaf apabila ada kata-kata saya yang salah atau kurang berkenan di hati Anda, terimakasih atas perhatiannya dan selamat pagi.

Posting Komentar